Tuesday, November 1, 2011

Law of Attraction

Beberapa hari yang lalu, ditengah suhu udara Mataram yang sungguh luar biasa panas, ditemani laptop dan modem "tercinta", saya menghabiskan siang dengan "melihat dunia" dari sudut kamar saya. Membuka situs-situs pertemanan yang saya ikuti, situs pencarian lowongan kerja dan informasi mengenai UKDI, serta beberapa cerpen Islam memenuhi tab layar laptop saya. Saya sempat terdiam sejenak saat melihat status salah satu teman saya di sebuah situs pertemanan. Dia menulis "Law of Attraction". Saya terdiam karena jujur saja saya tidak tau mengenai frase yang ditulis oleh teman saya, dan apa sebenarnya yang dia maksudkan. Karena rasa penasaran, kemudian saya mencoba googling makna dari frase tersebut. Saya memperoleh salah satu definisi yang mudah saya mengerti.
*dikutip dari http://filsafat.kompasiana.com/2010/07/31/the-law-of-attraction-entahlah/. "Secara harfiah pengertian Law of Attraction dapat diartikan sebagai "Hukum Tarik-Menarik". Pengertian maknawinya secara lebih jelas adalah "bahwa kita bisa merealisasikan, mencapai dan mewujudkan apa-apa yang kita inginkan (impikan) apabila kita bisa berpikir secara positif dan yakin bahwa keinginan (mimpi) kita tersebut pasti akan kita capai (dapatkan)"."
"Oh, itu toh maknanya", pikir saya dalam hati saat itu. Selama ini, walau saya belum mengenal "Law of Attraction" dalam beberapa hal, terutama dalam jenjang kepaniteraan klinik madya (dunia perkoasan), saya
telah seringkali membuktikan kebenaran "Law of Attraction" tersebut, yang saat itu saya pahami sebagai "kekuatan pikiran".
Hal yang paling gampang dan yang paling mudah saya ingat adalah pengalaman saya di beberapa ujian stase besar saya. (yang saya maksudkan stase besar adalah bagian di Rumah Sakit dimana koas/dokter muda mendapat tugas untuk belajar, mengerjakan tugas, mempelajari kasus-kasus, dan ujian selama 12 minggu, dan jika nilai ujian menyatakan tidak lulus, maka harus mengulang setengah stase atau 6 minggu). Setiap kali masuk stase besar, terutama menjelang ujian, My Law of Attraction atau yang saya pikirkan adalah saya punya keberuntungan yang lebih dibanding teman-teman saya. Yang saya pahami, "di setiap stase besar saya pasti akan ujian dengan supervisor yang baik dalam arti mudah meluluskan koas". (Diluar kepastian akan semua adalah memang Takdir Allah), entah apa ini memang keberuntungan saya, pengaruh dari "Law of Attraction" saya, atau doa-doa orang-orang yang menyayangi saya, saya memang selalu mendapat "jackpot" (istilah bagi penguji yang mudah meluluskan). Di stase besar pertama sekaligus stase pertama saya (Obstetri dan Ginekologi) saya mendapat penguji dr.R.SpOG yang dari sejak kuliah memang saya idolakan, dan dr.D.SpOG yang walaupun terkenal galak namun selalu meluluskan dengan nilai yang tinggi, walhasil saya lulus stase ini dengan nilai yang memuaskan. Kemudian di stase Pediatri (Anak) tangan saya lagi-lagi beruntung mengambil undian dimana tertera nama dr.R.SpA sebagai penguji saya, yang alhamdulillah kembali meluluskan saya. Lalu di stase Bedah, bertepatan dengan hari ulang tahun saya, undian saya lagi-lagi jatuh di penguji yang baik, dr.A.SpU, ujian hanya 2x5 menit (salah satu ujian tercepat saya), dan selebihnya beliau lebih banyak menasehati saya agar bisa jadi pribadi dan dokter yang baik, yang insyaAllah hasilnya juga memuaskan, amiiin. Kemudian stase besar terakhir, sekaligus ujian terakhir saya di kepaniteraan klinik, penyakit dalam (interna), saya secara mengejutkan (*bagi saya) mendapat penguji dr.S.SpP, dokter sekaligus dosen favorit saya selama masa perkuliahan dan kepaniteraan klinik. Ujian yang menurut saya lebih mirip dengan tentiran, karena hanya bertemu 2x20 menit, tanpa pemeriksaan fisik pada pasien, lalu status pasien yang saya buatpun tak pernah dibaca beliau. Dan semoga hasilnya sesuai yang saya harapkan. InsyaAllah. Amiiin.

Mengutip salah satu kalimat dalam film dan novel "Sang Pemimpi", "Bermimpilah, maka Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu".
Dengan mimpi-mimpi besar kita, semangat-semangat untuk mewujudkannya, "Law of Attraction" dan pikiran positif kita, serta doa kepada Yang Maha Mengabulkan, "kita pasti akan ke "Paris", boy!"

29 comments:

Aron International said...

ilmu lama sih, oh iya ada bukunya kan the law of attraction nama bukunya "the secret" yus lanjutannya "the power" tapi menurut q yang baca, arahnya ke atheis banget, mending baca yang "quantum ikhlas" karya erbe sentanu, islami beud dah dsana pnjelasan the law of attractionnya:)

Baiq Holis said...

mau dong bukunya,, pinjem.. :)

Aron International said...

buku yang mana???
the secret or the power or quantum ikhlas ???????? :')

Baiq Holis said...

dua2nya.. hehehe...

Aron International said...

itu banyaknya 3 mbak bukan 2....???
:D :D :D :D :D :D :D :D :D
the power ga punya, baca yg the secret aja ga abis, karna ngerasa atheis itu......
piye?

Baiq Holis said...

iya deh.. pinjem2 yang mana ada deh.. tapi gimana cara ngambilnya? kamu dimanaaa,, saya dimana..

Aron International said...

kan ada pos indonesia, :D
tinggal kirim dah tu ke alamatnya....
eh iya, ada YM or Skype????

Baiq Holis said...

ada YM,, ismiana namanya,, ato emailnya cute_batistuta@yahoo.com
waa,, jangan deh kalo mesti ngirim.. repot kamunya dank..

Aron International said...

jauh banget ya batistuta sama ismiana :D

bener ni ga mau, dah adank tawarin lo, tumben2 lo adank baik ma orang... hehehehehe... :D

Baiq Holis said...

batistuta kan pemain bola favorit saya sepanjang masa itu :D kapan2 dah kalo kamu pulang ke mataram dank..

oiya,, met idul adha yaa :)

Aron International said...

kan masih banyak pemain bola yg lebih ganteng :D

kapan mungkin pulang ni, keburu nikah mbakx :p

oke oke oke,,, Happy Idul Adha 1432H..Semoga kita semua bisa mencontoh Nabiyullah Ibrahim AS, di dalam kehidupan kita. :')

Baiq Holis said...

taapi batistuta itu paling ganteng dank.. hehehe.. *subyektif sekali :D

amiiiiin.. amiin smoga kita bisa mencontoh pengorbanan Nabi Ibrahim AS dan amiiin buat doa menikahnya yaa :) (*kan kalo Allah uda mau, walaupun sampai sekarang belom jelas, yaa pasti terjadi :D )

Aron International said...

gantengan pemain timnas Okto lah :p

waaaaaaaaahh curcol ni neng, :p
ternyata dan ternyata dah siap rupanya :D, sabar.. sabar... tar dikirimi ma Allah yang ganteng, kaya, pinter, n beriman :D

Baiq Holis said...

kalo pemain timnas yang ganteng tu yang no.13 dank :D

amiiiiin :) yaaa, kalo uda mampu mending langsung halal kan daripada kelamaan buat dosa.. :D

Aron International said...

siapa ya yg no 13??? -___-'
#gaNGERTIbola

ni mbaknya udah mampu or belum??? :p
so kesimpulannya orang single itu dosa ya....... ckckckckck :p

Baiq Holis said...

hahaha,, susah pertanyaannya.. uda mampu belom yaa?? mm,, cukup saya ma Allah aja deh yang tau :D
yaa ga dooong, kalo single mah bebas2 aja kayaknya.. tapi ini ni, biasanya cewek susyaaah kalo uda suka ma orang.. susyaaah mau jaga perasaan.. hehehe..

Aron International said...

bbm Allah ah, minta bocoran jawaban :D

so mksdx, kalo cwe udah suka sama cwo, dia bakal ga bisa jaga perasaanx gt?? <------ it means mau selingkuh n cari yg lbh baik,,, gt kah....

or kalo cwe sekalinya suka sama cwo, yah tujuan cuma ma tu cwo aja....

???????????????????????????????
#bingungDENGANperasaanWANITA

Baiq Holis said...

bukaaaan, maksudnya kalo uda suka kan kita tu ga bisa berenti tu nginget2 ato ngekhayalin orang yang kita suka.. makanya mending langsung di-halal-in aja kalo uda mampu.. gitu??!!

Aron International said...

wah berarti anda termasuk salah satu wanita seperti itu ya.... BAGUSSSS!!!
:)
baru suka aja sering di khayalin, apalagi kalo uda jadian, lebih lagi kalo udah putus, wah ada negatifnya juga... susah lupainnya,..right??
hehehehe..... :)

Baiq Holis said...

mmm, ada benernya ada salahnya.. menurut saya, saya tipe orang yang meluap2,, jadi waktu suka, meluap2 sukanya, waktu sedih juga meluap2.. dan biasanya orang yang meluap2 itu bukan tipe orang yang "stuck" dalam waktu yang lama.. jadi saya cepet jatuh cinta dan cepet juga ngelupainnya.. tergantung keinginan.. hehehe..

Aron International said...

meluap2..... berarti kalo marah meluap2 juga ya.....??? :D :D :D :p

ada jeleknya ga sih org yg cepet jatuh cinta tapi cepet juga ngelupainnya???

donk semisal pasangan udah ga bisa membahagiakan (dalam kategori JENUH) itu bisa dilupakan begitu aja or ada strategi sendiri buat mempertahankan yg sudah ada???

#belajar sama yang lebih muda (mudaMUDAhan belum tua) :D :p

Baiq Holis said...

hahaha....
iya,, apalagi kalo marah,, saya meluap2 sekali.. dulu adek saya aja manggil saya nenek sihir, soalnya kalo uda marah lebih parah dari nenek sihir.. tapi yaaa umur yang semakin tua smoga berarti kedewasaan juga buat saya.. sekarang siy lumayan laaah,, ga dipanggil nenek sihir lagi ma adek2.. :D

mmm, tadi kan uda saya bilang "tergantung keinginan".. manusia termasuk saya (berdasar pengalaman sebelumnya) pasti ada masanya jenuh, tapi yaa lagi2 "penghargaan atas komitmen" yang uda kita buat harus diatas segala2nya laah..

Aron International said...

#bayanginJADInenekSIHIR
rambutnya di iket pake sapu terbang, bawa tongkat, giginya ompong, dekil, kucel, beterbangan di langit lombok..
cckckckckckkckc.... :D


uummmm jadi didasari atas komitmen toh yg dipegang teguh...
"manusia termasuk saya" ----> aku kira nenek sihir :D :D :D

seberapa penting komitmen tu dlm sebuah hubungan (Pacaran)....??
kenapa harus ada komitmen, kan masih pacaran......pacaran tu kan hubungan yg blm jelas n ga ada tujuan #Ithink :')

#pengalamanBANYAKorang
penah ada komitmen tapi dilanggar, yg ada malah kedewa tingkat dewa.

Aron International said...

it means ---> "yg ada malah KECEWA tingkat dewa" :')

Baiq Holis said...

kalo dulu saya ngerasa namanya komitmen itu yaa janji, dan janji harus ditepati..
tapi semakin kesini, mungkin karena pengaruh beberapa orang yang saya kenal, emang ga ada komitmen dalam pacaran.. makanya kalo bener2 sayang, komitmen yang jelas, komitmen ma Tuhan --> nikah :D

Aron International said...
This comment has been removed by the author.
Aron International said...

"tapi semakin kesini, mungkin karena pengaruh beberapa orang yang saya kenal" <----- maksudnya....???

iya bener banget tuh....
berdoa ah...

“ROBBI HABLII MILLADUNKA ZAUJATAN THOYYIBAH AKHTUBUHA WA ATAZAWWAJ BIHA WATAKUNA SHOOHIBATAN LII FIDDIINI WADDUNYAA WAL AAKHIROH”.

“Ya Robb, berikanlah kepadaku istri yang terbaik dari sisi-Mu, istri yang aku lamar dan nikahi dan istri yang menjadi sahabatku dalam urusan agama, urusan dunia dan akhirat”.

amin :')

Baiq Holis said...

maksudnya siapa??? hahahaha.....
amiiiin.. smoga dikabulkan :)
saya juga doa begitu deh :)

Aron International said...

ya maksud kalimat itu atuh neng.. ni udah jadi dokter kok jadi lola :D

eh doax jng gt, donk berharap dapat istri bkn suami :D
kalo buat cwe doax beda :D

ngomong2... selamat yawh mbak dah dapet tuh gelar... hehe...
dr.Baiq Holisatul Ismiana, S.S
ckckckc..... :D

tar kalo aku sakit, ngobatinnya gratis ya :D