Sunday, November 13, 2011

Seminar : Fisiologi Cinta

Cinta, cinta, cinta.. ya, manusia tidak akan pernah luput dari cinta. Karena cinta kita lahir di dunia ini, dan karena cinta-lah kita mampu terus hidup. Buku, film, lagu-lagu, puisi, sebagian besar terinspirasi dari cinta. Cinta memang memiliki dimensi yang sangat luas. Cinta hamba kepada Penciptanya, cinta orangtua kepada anak-anaknya, cinta manusia kepada binatang, dan yang paling banyak dibahas adalah cinta manusia kepada sesamanya, cinta sepasang kekasih, atau cinta romantik.
Kemarin, tepatnya tanggal 13 november 2011, saya mengikuti seminar yang berjudul "Fisiologi Cinta". Seminar yang diadakan Sentra Kerohanian Islam (SKI) As-Syifa Fakultas Kedokteran Unram. Dari judulnya saja kita pasti sudah bisa menebak bahwa seminar tersebut pasti akan "full of love". Jujur saja, saya sangat tertarik untuk mengikuti seminar tersebut. Bukan semata-mata karena tema yang diangkat adalah tentang "cinta", tapi karena seminar tersebut akan membahas cinta secara ilmiah. Apalagi narasumber yang ditampilkan adalah dr. Elly Rosila, SpKJ , satu-satunya dokter spesialis Kedokteran Jiwa (psikiater) yang ada di NTB, salah satu supervisor saya di RSJ saat mengikuti kepaniteraan klinik madya, yang keahliannya dalam bidang ilmu yang ditekuninya tersebut tidak perlu diragukan lagi. :)
Ekspektasi saya pada seminar Fisiologi Cinta ini tidaklah berlebihan. Karena dengan harga tiket yang murah, dan penyelenggara dari kalangan mahasiswa, maka saya beranggapan seminar tersebut akan berlangsung seperti seminar-seminar kebanyakan, mungkin tema tentang cinta dan narasumber-nya sajalah yang akan membuat applause pada seminar ini. Ternyata saya salah. Ada beberapa "sajian" yang membuat seminar ini terasa berkesan bagi saya dan kemungkinan besar bagi seluruh peserta yang hadir.
Seminar ini dimulai dengan pembukaan dari master of ceremony wanita yang menurut saya sedikit berlebihan dalam penyampaian kata-kata dan beberapa ekspresi yang ditampilkan dalam membawakan acara, saya tidak tau benar apakah memang sengaja di-set sedemikian rupa karena tema seminar adalah cinta, namun menurut saya memang terasa berlebihan. (maaf, *no offense).
Kemudian dilanjutkan dengan beberapa sambutan, dari Ketua Panitia, Presiden BEM FK Unram, dan terakhir dari Pembina SKI As-Syifa. Dari beberapa sambutan tersebut yang paling berkesan menurut saya adalah dari pembina SKI As-Syifa, dr. Akhada Maulana SpU. Ulasan singkat mengenai isu-isu yang memang tengah hangat menjadi perbincangan masyarakat, lalu beberapa contoh cara mencintai yang salah, kemudian disokong dengan beberapa ayat Al-Qur'an membuat sambutan yang dibawakannya menjadi enak untuk didengarkan. :)
Setelah itu, tiba-tiba lampu dimatikan, ruangan menjadi gelap, ternyata pembacaan kalam Ilahi yang indah sekali serta terjemahannya yang penuh makna sesaat membuat peserta tertunduk tenang.
Lampu tak menyala, ruangan yang tadi gelap masih tetap gelap, namun cahaya lilin yang tadinya hanya 1 tepat disebelah Qari'ah, kemudian tampak semakin banyak. Saya tidak mengetahui apa yang akan disajikan panitia selanjutnya. Namun cahaya lilin-lilin kecil itu memang tampak indah. Beberapa orang yang membawa lilin membentuk 2 shaft yang rapi, mungkin sekitar 10-13 orang,yang pasti hanya 2 orang laki-laki dari sekian orang dalam shaft itu yang saya lihat. saya pikir mereka akan menyanyikan sebuah nasyid, ternyata mereka membawakan puisi teatrikal, subhanallah, indah sekali, air mata saya-pun tak sanggup saya tahan saat mendengarkan puisi tersebut. Puisi mengenai cinta hamba kepada Tuhannya yang memang seharusnya diatas segalanya, Astagfirullah.
Acara inti seminar dimulai dengan materi yang dibawakan oleh narasumber pertama, dr. Elly Rosila, SpKJ. Beliau memang selalu mampu mencairkan suasana, tak ada yang perlu dikomentari dari cara penyajian materinya, luar biasa, :D pembahasan mengenai definisi cinta, fase-fase fisiologi cinta yang terjadi dalam tubuh kita, kaitan cinta dan emosi, zat-zat kimiawi yang berperan dalam rasa "cinta", lalu cinta yang berlebihan yang disamakan dengan bentuk adiksi. Harapan saya akan pengetahuan ilmiah mengenai cinta benar-benar terpenuhi dari materi yang beliau sampaikan. 
Kemudian narasumber kedua, yaitu Ust. Gunawan, Lc. Seorang ustadz lulusan Universitas Al-Azhar, Cairo, Mesir, menambah khazanah ilmu pengetahuan peserta dengan membawakan materi mengenai pemahaman cinta berdasarkan Islam. (Saya sungguh bersyukur atas apa yang telah saya alami beberapa waktu lalu. Saya merasa Allah begitu sayang kepada saya, bahwa saya sekarang merasa semakin yakin akan pilihan hidup dan cinta yang saya tempuh. Semoga Allah selalu menjaga saya, Amiin).
Sesi diskusi dan pertanyaan dibuka, ternyata antusiasme peserta luar biasa, waktu yang disediakan bahkan sampai tidak cukup untuk menampung seluruh pertanyaan yang ingin diajukan. Subhanallah. Apalagi dari akhwat, yang memang mendominasi jumlah peserta yang hadir pada seminar tersebut (dengan perbandingan 3:1).
Dalam seminar ini disajikan pula sebuah penampilan nasyid namun saya lupa urutan dalam acaranya. Nasyidnya dinyanyikan oleh 6 orang putri berpakaian putih yang seluruhnya cantik-cantik dan bersuara merdu. Lirik nasyid yang dibawakan lagi-lagi membuat saya tak mampu menahan air mata.
"Tuhan, dosaku menggunung tinggi, tapi rahmat-Mu mengalir luas..
Harga selautan syukurku, hanya setitik nikmat-Mu di bumi.."

Pemberian door prize, pengumuman juara lomba esai yang memang diselenggarakan dalam rangkaian seminar, dan doa yang indah mengakhiri acara seminar pagi hingga siang itu.
Big applause untuk panitia penyelenggara. Seminar yang luar biasa. :)

0 comments: