Wednesday, December 7, 2011

Be 10 + 1


Teringat episode Mario Teguh Golden Ways beberapa minggu lalu, be 10 + 1, rasanya seperti tertusuk saja. Ketika selama ini hidup saya begitu "flat". Rumah, kampus, tidur, makan, belajar, there is no something different, semuanya hal-hal rutinitas saja. Saya begitu takut mencoba sesuatu diluar "zona aman" saya atau diluar dunia saya. Malu, rasa khawatir terhadap kesalahan tanpa pernah mencoba, atau sekedar pikiran-pikiran negatif tentang pendapat orang lain selalu membuat saya mengurungkan niat saya untuk mencoba hal-hal diluar kebiasaan saya.
Namun, lagi-lagi hidup membawa skenarionya sendiri. Cerita-cerita sedih yang pernah saya alami menjadikan saya seperti seseorang yang jauh berbeda. Lebih bersemangat, optimis, dan yakin akan kemampuan yang ada pada diri saya, serta "masa bodoh akan pendapat orang lain". I feel so alive. Rasanya ingin mencoba semua hal yang dulu tidak pernah cukup yakin saya lakukan. Hal-hal gila bagi saya (namun yang pasti tetap positif, insyaAllah).
Hal "gila" pertama yang saya lakukan adalah mengikuti pertandingan bulutangkis antar-angkatan di kampus saya tercinta. Menurut kalian mungkin biasa saja. Namun menurut saya ini gila. Seumur hidup memegang raket untuk bermain saja baru kali itu, hahaha. Selama ini tidak ada satu cabang olahraga-pun yang saya kuasai. Ditertawakan yaa sudah tentu, dengan permainan ala kadarnya dan senyum-senyum menikmati kesalahan permainan saya sendiri, tapi "whatever" laah, I enjoy it. Dan saya berniat untuk latihan lebih serius setelah ini. ^__^
Selanjutnya, melamar pekerjaan di sebuah "hotel". Bukan masalah melamar pekerjaannya, tapi hotelnya. Menurut saya ini juga agak "gila". Dengan kemampuan bahasa inggris pas-pasan, saya nekat saja mendaftar, toh dalam pikiran saya, saya bisa belajar sambil jalan. Hahaha. yang penting kan ada semangat, niat belajar, dan usaha bukan? Dan akhirnya setelah melamar pekerjaan itu saya langsung mencari tempat les bahasa inggris. ^__^ (dan semoga saja diterima, amiiiin)
Satu lagi usaha saya menjadi 10 + 1, adalah dengan belajar berenang. Yayaya, saya tidak bisa berenang, hehehe. Saya-pun sebenarnya punya sedikit ketakutan berada di kolam renang. Saya merasa sulit bernafas jika ketinggian airnya sudah mencapai dada saya. Dan hari ini saya mulai belajar, dibantu teman baik saya drg. Eva. Doakan saya yaa, s'moga secepatnya bisa berenang (*setidaknya dalam minggu ini sudah bisa mengapung =P )
Yang ingin saya garis bawahi sebenarnya adalah beberapa pengalaman hidup membuat kita semakin matang, semakin optimis menjalani hidup, semakin yakin akan kemampuan kita, semakin percaya bahwa kita bisa melakukan lebih dari apa yang kita bayangkan. Jangan pernah malu atau merasa tidak mampu akan kemampuan kita. Yakin saja bahwa dengan adanya niat yang baik dan sungguh-sungguh semua pasti bisa kita lakukan. InsyaAllah.
dan, mari menjadi manusia 10+1.

0 comments: